Kamis, 09 Oktober 2014

FISIP ILMU KOMUNIKASI UMM

Ilmu Komunikasi UMM

Jurusan ini memiliki tiga peminatan, yaitu Public Relations, Jurnalisme, serta Komunikasi Audio Visual. Secara periodik reformasi kurikulum dilakukan untuk menyesuaikan dengan perkembangan ilmu dan dunia profesional di bidang komunikasi. Proses belajar mengajar menggunakan peralatan multimedia dengan penekanan pada kompetensi konseptual, manajerial dan teknikal.

Guna meningkatkan skill dan mewadahi bakat mahasiswa, Jurusan Komunikasi menyediakan fasilitas laboratorium yang lengkap dan representatif, meliputi lab ruang produksi, siaran TV, studio recording, mini teather, ruang simulasi PR, stasiun radio, studio fotografi, komputer multimedia dan desain grafis.
Sedangkan untuk meningkatkan standing academic mahasiswa, terdapat beberapa kegiatan komplementer, seperti seminar, kuliah tamu, studi banding, dan melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen. Kegiatan mahasiswa sangat dinamis dalam upaya pengembangan minat dan bakat seperti: JUFOC (Jurnalistic Fotography Club), HIMAKOM (Himpunan Mahasiswa Komunikasi), dan Kine Club (Kelompok Pecinta Sinematografi), PR Club, Journalistic Club, adalah contoh beberapa wadah aktivitas mahasiswa yang sudah memiliki reputasi nasional dan internasional. Kegiatan kemahasiswaan yang mengarah pada keterampilan profesi komunikasi sering meraih prestasi, di antaranya juara debat PR, kompetisi film dokumenter “Eagle Awards Metro TV”, penulisan buku jurnalistik dan studi media, dll. Alumni jurusan ini banyak terserap di institusi media massa stasiun TV,  radio, konsultan PR, dan institusi pemerintah dan swasta lainya.




Visi, Misi dan Tujuan Jurusan Ilmu Komunikasi
Visi :
Menjadi jurusan yang unggul dan berdaya saing  dalam pengembangan keilmuan dan keterampilan dibidang komunikasi, berdasarkan nilai-nilai Islam.
Misi :
Menyelenggarakan pendidikan untuk pengembangan pola pikir, wawasan dan ketrampilan mahasiswa dibidang ilmu komunikasi yang beroreantasi pada gerakan media literacy.
Memajukan aktifitas penelitian dikalangan dosen dan mahasiswa mengenai permasalahan masyarakat yang berdimensi komunikasi.
Melaksanakan pengabdian di bidang komunikasi yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.
Mengintensifkan aktifitas pelatihan di bidang public relations, komunikasi audio visual, serta jurnalistik.
Menyelenggarakan kerja sama dengan berbagai pihak dalam kerangka perkembangan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi komunikasi secara kelembagaan
Tujuan :
Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi public relation, komunikasi audio visual, serta jurnalistik  dan studi media.
Menghasilkan lulusan yang memiliki akses pada berbagai pihak yang relevan untuk meningkatkan kinerja lembaga dan jalinan kerja sama.
Menghasilkan karya penelitian berdimensi komunikasi yang berdaya guna bagi masyarakat akademik dan umum
Menghasilkan lulusan yang berkomitmen pada pemberdayaan masyarakat berbasis media literacy.
Prestasi dan karya yang pernah diraih oleh jurusan komunikasi adalah :
Karya dari dosen-dosen ilmu komunikasi :

Nurudin, S.Sos, M.Si
1842718
1  Pengantar Komunikasi Massa
2. Jurnalisme Masa Kini
3. Kiat Meresensi Buku di Media Cetak
4. Hubungan Media (Konsep dan Aplikasi)
5. Sistem Komunikasi Indonesia
6. Dasar-Dasar Penulisan
7. Menulis Artikel itu Gampang
8. Pers dalam Lipatan Kekuasaan
9. Komunikasi Propaganda
Frida Kusumastuti, S.Sos, M.Si
6618022
Karya Buku
1. Pengakuan Kepala Humas Indonesia
2. Kegiatan-Kegiatan Humas
3. Dasar-Dasar Humas
4. Hubungan Masyarakat
5. Hukum Media Massa
Karya dari mahasiswa/i ilmu komunikasi :
1718316
Prestasi di Eagle Awards Documentary Competition (EADC) 2009. Taufan Agustian dan Abdul Malik dinobatkan sebagai pemenang ide cerita terbaik untuk film “Merajut Impian Dibalik Catwalk Jalanan. Tak hanya itu, film tersebut juga memperoleh dukungan terbanyak dari pemirsa sehingga meraih film favorit pilihan pemirsa.
5563039
mahasiswa semester lima Konsentrasi Jurnalistik dan Studi Media Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) launcing 3 buku.
Jurusan Ilmu Komunikasi Raih Best School of Communication 2013
photo 2
JURUSAN Ilmu Komunikasi (Ikom) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) baru saja mendapatkan penghargaan akademik sebagai Indonesia Best Schools of Communications and Management 2013 versi Majalah Mix. Penghargaan ini didasarkan hasil survei terhadap kampus di Indonesia yang memiliki Sekolah Komunikasi dan Manajemen setara S1 dengan status akreditasi A.
     Menurut Ketua Jurusan Ikom UMM Nuruddin, Mix merupakan majalah komunikasi pemasaran berpusat di Jakarta yang setiap tahunnya mengupas sekolah-sekolah S1 ilmu komunikasi dan pemasaran terbaik di Indonesia. Metode yang dilakukan adalah wawancara padastakeholders kampus, yang terdiri dari calon mahasiswa, para orangtua, serta praktisihuman resource di berbagai perusahaan di Indonesia yang menggukan jasa lulusan perguruan tinggi yang disurvei.
     Dari 12 kampus di Indonesia yang mendapatkan penghargaan ini, kata Nuruddin, UMM merupakan satu-satunya kampus di Malang yang meraihnya. Selain UMM, kampus peraihIndonesia Best Schools of Communications and Management 2013 yaitu Universitas Indonesia (UI) Jakarta, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Lampung (Unlam) Bandar Lampung, Universitas Pasundan (Unpas) Bandung, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi LSPR Jakarta, Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) Jakarta, Universitas Kristen Petra (UK Petra) Surabaya dan Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) Jakarta.
     Dalam penentuan penghargaan ini, lanjut Nuruddin, ada delapan variabel yang diukur, yaitu dari sisi reputasi, kualitas lulusan, kesesuaian antara biaya dengan manfaat yang diperoleh, kesetaraannya dengan perguruan tinggi berkualitas di luar negeri, fasilitas pendidikan, kontribusi sosial bagi lingkungan sekitar, rekomendasi, serta prestasi dan pencapaian-pencapaian yang sudah diraih.


Sumber : click disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar